Islamic Centre Bin Baz (ICBB)

Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz atau lebih akrab disebut ICBB adalah salah satu pesantren yang menyelenggarakan pendidikan diniyah islamiyah dan pendidikan umum secara terpadu. Diharapkan para peserta didik (santri) yang menimba ilmu di pesantren ini mempunyai bekal yang cukup baik duniawi maupun ukhrawi, mengingat mereka adalah tunas-tunas penerus generasi Islam yang mesti lurus akidahnya, berakhlak mulia, dan senantiasa meneladani jejak Rasulullah dan para As-Salaf Ash-Shalih.

Pelajaran diniyah yang diajarkan meliputi pelajaran Tahfizh al-Qur’an, Akidah, Ibadah, Akhlak, Fikih, Hadits, Tarikh Islam, Bahasa Arab, dll. Kurikulum pelajaran diniyah yang dipakai adalah gabungan kurikulum DEPAG, Timur Tengah dan pondok pesantren. Adapun pelajaran umum meliputi semua pelajaran yang diujikan secara nasional.

Santri setingkat SD dan SLTP mengikuti PROGRAM WAJAR DIKDAS 9 TAHUN yang dikelola oleh Departemen Agama bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional, dengan istilah Salafiyah Ula (SD) dan Salafiyah Wustha (SLTP). Sedangkan jenjang setingkat SMU menginduk kepada Departemen Agama sebagai Madrasah Aliyah dengan jurusan Agama, IPS dan IPA.

Lulusan Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz pada setiap jenjangnya mendapatkan 2 ijazah, yaitu ijazah dari Pondok Pesantren dan dari Pemerintah. Saat ini Ijazah Pondok Pesantren jenjang Madrasah Aliyah sedang dalam proses pengajuan mu’adalah (akreditasi) ke Universitas Islam Madinah, Arab Saudi, dengan harapan agar kelak para lulusan kita mudah untuk masuk ke universitas tersebut.

VISI DAN MISI

Visi

Menjadi lembaga pendidikan bertaraf internasional yang bermanhaj salaf dalam berakidah, bermuamalah, dan berakhlak.
Menyiapkan generasi muslim yang mampu memahami, mengamalkan, dan mendakwahkan Islam.
Mendidik generasi yang mampu menghadapi tantangan global dan mampu memberikan kontribusi penyelesaian masalah umat dengan dilandasi akhlak mulia.
Mendidik generasi yang hafal al-Qur’an yang memahami pokok-pokok agama dan beradab kepada Allah, Rasul-Nya, orang tua, sesama manusia dan makhluk secara umum, serta mampu berbahasa Arab baik tulisan, bacaan, maupun percakapan.
Menjadi salah satu pusat pengkajian keislaman.
Misi

Menyelenggarakan pendidikan resmi dengan kurikulum diniyah dari Timur Tengah dan kurikulum umum nasional yang mendapatkan 2 ijazah yang diakui baik oleh Pemerintah maupun lembaga pendidikan di Timur Tengah.
Menciptakan suasana dan lingkungan yang berbahasa Arab dan islami di lingkungan Islamic Centre Bin Baz.
Menyelenggarakan ceramah-ceramah di masyarakat, masjid, kampus, melalui media elektronik dan membuat tulisan-tulisan di buku-buku, majalah, atau buletin serta melayani konsultasi masalah-masalah yang berkaitan dengan agama.
Menyelenggarakan kajian-kajian keislaman dalam upaya memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah umat.

JENJANG PENDIDIKAN

  • RAUDHATUL ATHFAL (setingkat TK)
  • SALAFIYAH ULA (setingkat SD)
  • SALAFIYAH WUSTHA (setingkat SLTP)
  • I’DAD LUGHOWI/TAKHOSUS (Program penyiapan Bahasa Arab bagi para calon santri Madrasah Aliyah yang berasal dari luar Islamic Centre Bin Baz)
  • MADRASAH ALIYAH (setingkat SMA)

STANDAR KELULUSAN

Jika seluruh jenjang pendidikan dan kegiatan pesantren diikuti secara keseluruhan, maka lulusan ICBB memiliki Standar Kelulusan sebagai berikut.

  • Hafal Al-Qur’an 30 Juz.
  • Memiliki pemahaman aqidah dan manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah.
  • Memahami kaidah-kaidah ilmu syar’i yang benar.
  • Memiliki akhlak dan budi pekerti yang luhur.
  • Mampu berkomunikasi dengan Bahasa Arab.
  • Menguasai dasar-dasar Teknologi Informatika.
  • Memiliki kesiapan dan kemandirian dalam berkarya.

PENGAJAR

Para hafizh/hafizhah, alumni Perguruan Tinggi di Saudi Arabia, Mesir, dan Pakistan, LIPIA, Universitas-universitas ternama di Indonesia, alumni Pondok Pesantren Salaf, dan lain-lain.

SARANA

  • Fisik: asrama putra-putri dilengkapi dipan, kasur dan lemari (kamar mandi putri di dalam asrama), ruang kelas representatif, kamar mandi, minimarket dan kantin.
  • Pendidikan: perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa.
  • Olahraga dan rekreasi: lapangan olahraga (basket, tenis meja, sepak takraw, bulu tangkis), kolam renang (putra), dan kolam pemancingan.
  • Gizi dan kesehatan: makan 3 kali sehari dan perawatan di rumah sakit sendiri.
  • Penunjang: SMS Centre untuk mengakses informasi nilai, SPP, kesehatan, absensi santri dll.

PROGRAM PENUNJANG

  • Ekstra Kurikuler: Tahsin Al-Qur’an, Kursus Komputer (wajib bagi Santri Madrasah Aliyah), Home Industri, Ketrampilan Tata Boga, Menjahit, dll
  • Refreshing: Renang, Memancing, Rihlah.

ALAMAT

Jl. Wonosari KM 10, Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, DIY
Telp. 0274-4353272 Faks. 0274-4353411

Website: http://atturots.or.id atau http://binbaz.or.id

[googleMap name="Islamic Centre Bin Baz (ICBB)" description="Jl. Wonosari KM 10, Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, DIY"]-7.842742,110.443593[/googleMap]

Tagged with:
Posted in Lembaga Bahasa Arab, Pondok Pesantren, SD, SMP, SMU, TK
7 comments on “Islamic Centre Bin Baz (ICBB)
  1. noor alie says:

    tolong donk dibuat denah/peta/mapping kampus icbb 1,2, 3, stikes, rsaa, dan mahad jamulirrahman agar mudah bagi pendatang dari jauh.

    jazakamullah

  2. Abu Shafa says:

    Assalamu’alaikum…
    Mohon bantuanya jika ada info SDIT sejenis di kawasan Yogya Kota, detailanya di wilayah Prawirotaman, Jogokaryan, JokTeng dan sekitar…. lokasi tinggal saya di Jogokaryan, agar putri ana bisa pulang hari..

    Jazzakumulloh

  3. sofia says:

    Aslkm. Saya dari M’sia ingin menghantar ank ke Pesantren Bin Baz. Dia baru saje habis 30 juz quran. Ble beri tahu pesanrren ni terletak di mana? Jogjakarta ke?

  4. abu bassam says:

    Afwan, alamat website Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta adalah http://binbaz.or.id atau Yayasan http://atturots.or.id.

    Mohon diganti link http://icbb.atturots.or.id/

  5. tari says:

    Asalamualaikum……….
    afwan ana mau tanya apa di pondok pesantren BIN BAZ tdk ada pelajaran bhs asing selain bhs arab.syukron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Counter
113 sekolah terdata