Anak Sholeh

Segala puji hanya bagi Allah, kami memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, kami berlindung kepada  Allah dari kejahatan diri-diri kami dan kejelekan amal perbuatan kami. Barangsiapa yang Allah beri petunjuk, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan barangsiapa yang Allah sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk.

Kami bersaksi bahwasanya tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, dan kami bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah hamba dan Rasul-Nya. Semoga shalawat dan salam Allah curahkan kepada Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam, keluarganya, para sahabatnya dan umatnya yang berpegang teguh dengan sunnahnya sampai datang hari Akhir. Amma ba’du:

Anak merupakan amanah Allah Ta’ala yang harus dipertanggungjawabkan di hadapan-Nya, Anak Shalih adalah merupakan program pemerintah Cq Departemen Pendidikan Nasional.

Anak shalih merupakan aset dan investasi yang sangat agung, tidak hanya di dunia dimana seorang anak shalih dapat membahagiakan kedua orang tuanya, dengan sikap ke-pribadiaannya dan akhlaq yang mulia serta amal shalih dari Anak Shalih, akan meninggikan kedudukan orang tuanya di dunia maupun di akhirat, hal ini sebagaimana sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam:

“Jika seorang manusia meninggal, maka terputuslah amalnya kecuali karena tiga hal: sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat dan seorang anak shalih yang mendo’akannya.”

(HR. Muslim no. 1631 dari Abu Hurairah radhiyalahu anhu)

Anak Shalih adalah hasil usaha yang harus dipersiapkan, diolah dan diperjuangkan untuk dididik agar memiliki kemampuan dalam mengemban tugas ibadah kepada Allah Ta’ala, karena ia nanti akan menghadapi tantangan zaman yang nantinya berbeda dengan zaman orang tuannya.

Anak Shalih merupakan impian semua orang tua, masyarakat serta Negara yang sangat membutuhkan generasi yang memiliki aqidah yang benar, amal yang shalih, akhlak yang mulia, akal yang cerdas, fisik yang sehat dan kuat serta dekat dan cinta kepada Allah Ta’ala dan Rasul-Nya.

Pendidikan anak hendaknya menjadikan kepribadian Rasul shallallaahu ‘alaihi wa sallam sebagai suri teladan bagi setiap anak dan pendidik muslim dalam seluruh aspek kehidupan. Setiap proses pendidikan seharusnya mengajak peserta didik untuk mengikuti jejak Salafus Shalih yaitu para Sahabat Nabi, Tabi’in dan Tabiut Tabi’in. Selain itu penting pula memberi motivasi agar selalu bersanding dengan ulama dan orang-orang shalih.

Tujuan pendidikan anak dalam Islam adalah untuk menyiapkan individu yang mampu mengemban tugas ibadah kepada Allah Ta’ala dan investasi manusia untuk kepentingan dunia dan akhirat. Islam tidak membatasi pengertian ibadah pada shalat, shaum, dan haji saja, tetapi segala apa yang dicintai Allah baik berupa ucapan maupun perbuatan, baik yang tampak (zhahir) maupun tersembunyi (bathin) yang dilakukan secara ikhlas dan benar sesuai tuntunan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam maka akan bernilai ibadah.

Sebatas pengetahuan kami,  saat ini belum ada sebuah lembaga pendidikan formal seperti SDIT yang berlandaskan manhaj Ahlus Sunnah wal Jamaah di wilayah kota Bogor dan dapat terjangkau biayanya. Di segi yang lain, banyak kaum muslimin yang sudah mengenal dakwah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah yang memiliki anak usia sekolah dasar.  Mereka berharap anak-anaknya dididik  di sekolah Islam yang berkualitas.

Berangkat dari hal di atas, dengan senantiasa meminta pertolongan kepada Allah Ta’ala, kami merintis lembaga pendidikan dasar Islam yang berkualitas dalam bentuk Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Islam Imam Ahmad bin Hanbal.

Profil Yayasan
Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Imam Ahmad bin Hanbal didirikan berdasarkan Akte Pendirian Nomor  4, tanggal 17 Januari 2011, Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Zainun Ahmadi SH. Pada awal masa pendiriannya, fokus bidang kegiatan yayasan ada dua bidang, yaitu bidang dakwah dan Pendidikan. Adapun struktur organisasi YPI Imam Ahmad bin Hanbal adalah sebagai berikut:

Pembina : Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas

Dewan Pengawas : Alfi Khairiansyah Machfud, S.TP

Pengurus Harian :

Ketua : Bukit Adhinugraha, S.TP

Bendahara : Ir. Sigit Prijowibowo

Sekretaris : Setyanto Tri Wahyudi, S.Si, M.Si

Tenaga Pendidik

  • Prima Kurniawan, S.Hut : Kepala Sekolah merangkap sebagai tenaga pendidik
  • Mujtahid, S.PdI : Koordinator Program Tahfizhul Qur-an
  • Hamdani, S.Pd : Guru Matematika dan Ilmu Diniyah
  • Tetra Aulia, A.Ma : Guru Tematik dan Tahfizhul Qur-an
  • Afifah Mardhiyyah Jawas : Guru Iqro dan Tahfizhul Qur-an
  • Irfan Kamaludin : Guru Iqro dan Tahfizhul Qur-an
  • Irmayani Nurasrina, S.Si : Guru Matematika
  • Meilya Ramadhiana Safitry : Guru Keterampilan
  • Siti Aminah Salamah : Guru Iqro dan Tahfizhul Qur-an
  • Iman Margarahmana, S.Pd.I : Guru Iqro dan Tahfizhul Qur-an
  • Bani Sara Fatimah, S.Psi : Guru Bimbingan dan Konseling
  • Ghoniyyah Dzaky Salim : Guru Iqro dan Tahfizhul Qur-an

Alamat
Masjid Imam Ahmad bin Hanbal
KPP IPB Baranangsiang IV Blok A Tanah Baru Bogor 16154
Telp.  0251 – 3682964
Email: info@anakshalihbogor.sch.id
Website: http://anakshalihbogor.sch.id/

[googleMap name="SDIT Anak Sholeh" description="Perumahan IPB Baranangsiang IV Blok A, Tanah Baru, Bogor"]-6.592856,106.816761[/googleMap]

Posted in SD Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Counter

119 sekolah terdata