Direktori Sekolah Muslim > SD > Tarbiyah Sunnah

Tarbiyah Sunnah

Segala puji bagi Allah ,Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam beserta keluarganya dan para sahabatnya.

Sekolah Dasar Islam Tarbiyah Sunnah adalah sebuah lembaga pendidikan formal tingkat dasar yang bernaung di bawah Yayasan Tarbiyah Sunnah Bekasi  dengan  Akta  Notaris Novitawati Yudhianingsih, Nomor 07 tanggal 18 Juni 2011.

Nama Yayasan Tarbiyah Sunnah diberikan oleh penasihat yayasan yakni Ustadz Abu Yahya Badrussalam, Lc ,  maka nama tersebutpun kami gunakan untuk lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan yayasan tersebut.

Latar Belakang

Mengamati begitu banyak generasi penerus ummat yang tidak tertampung di lembaga pendidikan  formal yang bermanhaj ahlusunnah wal jama’ah sesuai pemahaman para salafus shalih.

Mengingat besarnya biaya pendidikan  di lembaga pendidikan Islam formal yang  sudah ada, sehingga sebagian orang tua  tidak mampu menjangkaunya,  sedangkan  Sekolah Dasar Negeri  yang diselenggarakan pemerintah  bagi sebagian ummat dianggap belum memenuhi harapan khususnya  dalam pelajaran diniyah.

Maka dengan senantiasa memohon pertolongan Allah Azza Wa Jalla,  Yayasan Tarbiyah Sunnah Bekasi  berupaya dengan segenap kemampuan pada tahun pelajaran 2012-2013,  membuka sebuah sekolah dasar , yakni SD Islam Tarbiyah Sunnah.

Tujuan

Tujuan didirikannya SD Islam Tarbiyah Sunnah adalah sebagaimana tercantum dalam Visi dan Misi kami :

Visi

  • Menjadi lembaga pendidikan Islam yang unggul dan bermutu sehingga mampu melahirkan manusia yang bertauhid, berakhlaqul karimah, cerdas, dan mandiri

Misi

  • Menanamkan nilai –nilai Tauhid  dan semangat  menegakkan sunnah  dalam  diri  peserta didik
  • Menyelenggarakan   pendidikan   dengan   prinsip keseimbangan dan keadilan
  • Menebarkan  dakwah  ahlusunnah wal jamaah sesuai prinsip salafush shalih

Kurikulum

Memadukan Kurikulum Diknas dan Diniyah dengan prinsip keseimbangan dan  kemanfaatan.

Untuk kurikulum Diknas  SD Islam Tarbiyah Sunnah menerapkan Standar Isi dan Standar Kompetensi  untuk Satuan Pendidikan Dasar SD/MI , sesuai Peraturan  Mendiknas No. 22 dsn 23 Tahun 2006.

Sesuai dengan Surat Edaran MENDIKNAS No. 384/MPN/LL/2011 tentang Pelaksanaan Pendidikan Karakter diseluruh satuan pendidikan, maka SD Islam Tarbiyah Sunnah  akan menerapkan pula pendidikan berkarakter nilai-nilai Islam yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai karakter yang diamanatkan tersebut.

Pada Kurikulum Diniyah  disajikan pelajaran : Aqidah, Akhlaq, Fiqh, Hadits, Al Qur’an, Siroh, dan  Tahfidzul Qur’an .  Disamping penyampaian hukum dan dalil shahih yang merupakan  teori,  peserta didik akan dibimbing langsung oleh tim guru untuk mempraktekkannya hingga terbiasa dalam ibadah  keseharian mereka.

Disamping  itu   program  ekstra kurikuler  difokuskan pada pendidikan lingkungan  hidup  (PLH). Dalam program ini  peserta didik akan dilibatkan dalam kegiatan menanam  tanaman obat/berkhasiat, buah dan sayur organik, mengolah sampah  menjadi pupuk organik, dan memelihara ikan. Adapun   muatan lokal  berupa Bahasa Inggris  dan Bahasa Arab.

Tenaga Pengajar

Untuk Tahun Pelajaran 2012-2013, dengan pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Alhamdulillah telah mengikat komitmen denganSD Islam Tarbiyah Sunnah  sebanyak 5 (enam) guru termasuk didalamnya 2 (dua) Ustadz  yang insya Allah memenuhi kafa’ah ilmiyah, mihaniyah dan sulukiyah sehingga diharapkan mampu melaksanakan tugas mengajar dengan  jujur dan professional.

Guru-guru di SD Islam Tarbiyah Sunnah  merupakan lulusan perguruan Tinggi antara lain : UNJ, STKIP, UI, UNDIP, Ma’had Imam Bukhori, Ma’had Al Ghuroba, dengan pengalaman mengajar yang cukup di  bidang studi masing-masing.

Tim guru telah berkomitmen bahwa profesi guru  harus dilandasi dengan semangat berjuang dan berdakwah untuk segala lapisan ummat tanpa ada unsur eksklusifitas  karena pendidikan yang baik adalah hak semua lapisan masyarakat.

Waktu Belajar

Disesuaikan dengan  kebutuhan   dan masa efektif  belajar peserta didik,  maka  untuk kelas 1, 2,  dan 3  SD Islam Tarbiyah Sunnah  dimulai pada pukul 07.30    dan  berakhir pada pukul   13.00   WIB . Hari belajar adalah Senin s.d Jumat,  sedangkan hari Sabtu  untuk kegiatan Ekstra Kurikuler.

Deskripsi Bangunan

Pada tahap awal  berdiri di atas lahan seluas 1.155 meter persegi. Struktur bangunan SD Islam Tarbiyah Sunnah  dibuat bernuansa alam dengan  sebanyak mungkin memanfaatkan unsur alam  dalam  material bangunan, pencahayaan,  dan sirkulasi udara,  serta menjaga keasrian lingkungannya dengan mempertahankan pohon-pohon besar di lokasi SD.  Pada masa yang akan datang  seluruh bangunan di lokasi SD Islam Tarbiyah Sunnah  akan menerapkan prinsip Green Building  sebagai bentuk kepedulian  Yayasan Tarbiyah Sunnah  terhadap  Lingkungan Hidup.

Alamat

Jalan Asam Sari II, Kecamatan Mustikajaya,

Kelurahan Mustikasari, Kampung Babakan,

RT 003/ 04,  Kota Bekasi

Telp: 087882862000 (Bu Yayuk),  02195922335 (Pak Indra)

Website: http://sditarbiyahsunnah.blogspot.com

Posted in SD Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Tentang Kami

sekolah.muslim.or.id membantu anda mencari lembaga pendidikan Islam yang dikelola oleh para dai Ahlussunnah dalam rangka mewujudkan pendidikan yang diperkuat dengan ilmu agama Islam yang murni sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam serta para sahabatnya.

Counter

140 sekolah terdata

Cari Sekolah

Jenjang
Kota

Berdasarkan kota