Direktori Sekolah Muslim > Pondok Pesantren > Imam Ahmad Bin Hambal

Imam Ahmad Bin Hambal

Sesungguhnya segala puji adalah milik Alloh, kami senantiasa memuji-Nya, meminta pertolongan-Nya, memohon ampunan-Nya, berlindung diri dengan-Nya dari keburukan jiwa-jiwa dan kejelekan amal-amal kami. Semoga Sholawat dan keselamatan senantiasa tercurahkan pada nabi kita Muhammad, keluarganya, sahabatnya serta orang-orang yang istiqomah di atas manhaj beliau sampai hari kiamat.

Madrasah Imam Ahmad bin Hambal Semarang sejak awal terselenggara adalah sebagai kelanjutan atas tuntutan kebutuhan belajar Ilmu dien Islam secara benar –sebagaimana jalan ilmunya para salafus shaleh– di lingkungan kota Semarang dan sekitarnya di saat gelapnya fitnah dakwah laskar jihad mulai tampak borok-boroknya dan di tengah-tengah maraknya dakwah firqah-firqah yang menyesatkan.

Bermulai saat kedatangan saya (Abu Izzi) di Semarang menjelang Ramadlan 1423 H, beberapa ikhwan meminta untuk belajar. Berangkat dengan kebiasaan buruk dalam mempelajari Islam yang selama ini telah berjalan, maka saya katakan : “saya tidak mau, sudah berapa banyak ustadz-ustadz yang datang ke Semarang memberikan kajian ilmu sejak awal dakwah sunnah mulai berkembang, sudah ratusan kitab mungkin telah diajarkan, dan tak satupun kitab ada yang selesai, akan tetapi mayoritas ikhwan tidak memahami dalil dan kitab-kitab dari para ulama kecuali katanya fulan dan katanya fulan, saya mau membantu tapi harus belajar halaqah bahasa arab dan dengan sarat harus sampai selesai”.

Sejak saat itu, tepatnya hari Sabtu tanggal : 21 Desember 2002 M , dengan 8 ikhwan yang sudah saling menerima kesepakatan tersebut, mulailah belajar bahasa arab (ilmu nahwu-shorof) bertempat di rumah Abu Abdirrahman Amir (Perumahan Sendang Mulyo Semarang) dan alhamdulillah dengan pertolongan Allah semata dan dengan semua kesulitan dan beratnya perjalanan yang dilalui sekitar 8 bulan pelajaran dapat selesai.

Di saat amanah ini telah selesai ternyata muncul kembali permintaan untuk melanjutkan belajar pada ilmu-ilmu Islam dasar sebagai modal pokok untuk mendapatkan pemahaman Islam yang lurus, dan muncul pula permintaan yang lain untuk ikut belajar pula dengan membuka santri/ikhwan baru.

Setelah bermusyawarah, dengan silsilah pengajaran yang pernah saya ajarkan di Kendari Sulawesi Tenggara dan beberapa penambahan pengajaran yang diharapkan cukup sebagai bekal dasar bagi penuntut ilmu, maka terwujudlah Madrasah Imam Ahmad bin Hambal Semarang dengan memberikan pengajaran tentang ilmu-ilmu Islam dan Bahasa Arab secara intensif, dengan kepentingan pokok kembali ke jalan thalabul ilmi yang sebenarnya, yang sebagaimana telah banyak diperingatkan oleh para ulama dan imam-imam sunnah dalam kitab-kitab mereka.

Seiring perkembangan madrasah dan semakin banyak santri yang belajar, maka tempat belajar dipindahkan kedua tempat yaitu Musholla Baitussalam (Perum Bukit Kencana Jaya) dan rumah Abu Yusuf Abdurrohman (Jl. Puspowarno VII No. 9B Karangayu Semarang).

Dan sekarang, tempat belajar yang digunakan adalah rumah bapak Hasan Mustofa (Jl. Sapta Prasetya Utara No. 16 Perumahan Korpri Pedurungan Semarang) dan rumah Abu Yusuf Abdurrohman (Jl. Puspowarno VII No. 9B Karangayu Semarang). Sampai dengan saat ini santri yang telah terdaftar ± 100 orang dengan segala usia.

Proses Pengajaran

Proses pembelajaran di madrasah Imam Ahmad bin Hambal menggunakan sistem halaqoh (menyelesaikan materi per kitab) yang terdiri dari halaqoh umum, halaqoh khusus, halaqoh latihan kitab dan dauroh khusus. Adapun kurikulum yang digunakan sebagai berikut :

Jenis Pengajaran Jenis Kitab Sistem Pengajaran Waktu
A. PengajaranPokok 1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

Mukhtasor Ilmu Shorof

Mukhtasor Ilmu Nahwu

At Tanbihat Al LatifahAl Hadits

Hujjatun bi Nafsih

Syarah Al Ushul Tsalatsah

Al Ibda’ Fikamalis Syar’I

Al Ilmu

HK

HK

HK

HK

HK

HK

HLK

3X Sepekan

3X Sepekan

3X Sepekan

3X Sepekan

3X Sepekan

3X Sepekan

1X Sepekan

B. PengajaranLanjutan 1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

‘Irab Al Jurumiyah

Tafsir Surat Yusuf, Al Hujurot, An Nashr dan Al Ikhlas

Al Hadits An Nawawi wa Ibnu Rojab

Dalail FiqhiSilsilah

Durus Al-Manhaj

Dhowabith Amar Ma’ruf

Fadlul Ilmi wa Shifatu Ahlihi

Al-Hasad wa ‘Atsaaruhu

HK

HU

HU

HU

DK

DK

DK

DK

1X Sepekan

Menyesuaikan

Menyesuaikan

Menyesuaikan

Menyesuaikan

Menyesuaikan

Menyesuaikan

Menyesuaikan

C. PengajaranPenyempurna 1.

2.

3.

4.

5.

6.

Al-Qawa’idul Qawa’idUshul Fiqh ‘inda Ahlil Hadits

Al-Ushul min Ushul Ilmu

Mushthalahul Hadits

Ilmu Ushulut Tafsier

Mukhtashar Ilmu Balaghah

HK

HK

HK

HK

HK

HK

Menyesuaikan

Menyesuaikan

Menyesuaikan

Menyesuaikan

Menyesuaikan

Menyesuaikan

Keterangan :

HU : Halaqoh Umum HK : Halaqoh Khusus

HLK : Halaqoh Latihan Kitab DK : Dauroh Khusus

Pengurus dan Pengajar

Pengurus dan pengajar Madrasah Imam Ahmad bin Hambal Semarang pada tahun 2007 M, sebagai berikut :

Pengasuh : Ustadz Abu Izzi

Mudir : Abu Abdirrahman Amir

Wakil Mudir Bid. Pendanaan & Keuangan: Hasan Mustofa

Wakil Mudir Bid. Pengajaran : Abu Yusuf Abdurrahman

Wakil Mudir Bid. Dakwah : Abu Umair

Sekretaris : Zaenul Ahmad

Bendahara : Nanang Rustandi

Pengajar :

1. Ustadz Abu Izzi

2. Ustadz Abu Yusuf

3. Ustadz Abu Umair

4. Ustadz Thoriq

5. Ustadz Zaenul Ahmad

Alamat

Jl. Sapta Prasetya Utama no.16, Pedurungan Kidul, Semarang
Telp: 024 7051201
Website: http://binhambal.wordpress.com

Posted in Pondok Pesantren Tagged with:
5 comments on “Imam Ahmad Bin Hambal
  1. abu mu'adz says:

    Apakah pola pembelajaran dan kurikulum sama hingga tahun ini 2015. Kemudian masihkah menerima pendaftaran santriwati. Syukron katsiro

    • Sampai saat ini secara umum masih sama pembelajarannya, sejak bln juni 2014 sdh menerima santri putri, saat ini santri asrama putri sekira 20 santri, dan santri reguler putri sdh 4 angkatan. Wallahu yubaarik fiikum

      Amir

  2. hidayah says:

    Assalamualaikum ustadz mau tanya apakah bulan 9 masih menerima pendaftaran santri asrama akhwat .ana ingin belajar setelah menyelesaikan kontrak kerja kira” bulan 9 nanti ,

  3. Bambang Sutejo says:

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
    Afwan Ustad,

    ana mau tanya apakah masih menerima pendaftaran santri ahwat dibulan des’12 ini ? Mohon konfirmasi jawaban bisa sms ke hp: 081259812839. syukron.

    Bambangs

  4. Sri Mulyati says:

    Assalammualaikum…

    Adakah guru utk putra saya 3 tahun agar hafal alquran…

    Wassalammualaikum wr wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Tentang Kami

sekolah.muslim.or.id membantu anda mencari lembaga pendidikan Islam yang dikelola oleh para dai Ahlussunnah dalam rangka mewujudkan pendidikan yang diperkuat dengan ilmu agama Islam yang murni sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam serta para sahabatnya.

Counter

140 sekolah terdata

Cari Sekolah

Jenjang
Kota

Berdasarkan kota